Senin, 27 Februari 2012

JAMBU AIR

Buah jambu air merupakan buah yang dominan memiliki banyak air dari pada dagingnya ini sangat baik bagi kesehatan. Kesegaran dari buah ini terasa saat kita nikmati pada waktu siang hari. Tak hanya baik untuk kesehatan, ternyata buah jambu air ini juga baik pula untuk kecantikan. Untuk itu mari kita telik beberapa manfaat jambu air tersebut :

Kandungan 
Dikarenakan buah ini memiliki kandungan air yang lebih banyak dari pada dagingnya, hal ini dapat membantu kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Bila di dalam ginjal tidak tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancer. Akibatnya kotoran dapat membentuk batu ginjal.

Vitamin A yang ada dalam buah ini ternyata juga cukup besar. Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas dan medongkrak fungsi sel darah putih sebagai anti bodi dan antivirus di dalam tubuh kita. Dilaporkan pula tingginya peristiwa kekurangan vitamin A pada orang yang terinfeksi HIV.

Dalam jambu air ini ternyata juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Diperkirakan dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C yang seimbang dengan jeruk mandari yaitu 22 mg. Dengan banyaknya vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Vitamin C memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Kandungan dari buah jambu air tak hanya sebatas itu saja. Karena jambu air memiliki serat pangan yang cukup tinggi. Buah ini juga mengandung sumber mineral besi, magnesium, asam sulfuric, asam sitrat, mangan, protein, tembaga, seng, kalium, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium.

Manfaat Daun : 

Mengobati patah tulang dan keseleoManfaat yang pertama adalah untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi yang patah tulang atau keseleo. Untuk menghilangkan rasa nyeri menggunakan daun jambu air ini sangat mudah. Caranya, ambil beberapa daun jambu air kemudian lembutkan. Daun jambu air yang sudah dilembutkan kemudian diletakkan pada persendian yang terasa nyeri. Urut perlahan-lahan. Lakukan hal ini beberapa kali.

Menyembuhkan luka pada kulitDaun jambu air juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyembuh luka pada kulit. Caranya hampir sama dengan cara untuk mengobati keseleo atau patah tulang. Hanya saja tanpa harus diurut. Ambil beberapa daun jambu air kemudian lembutkan. Daun jambu air yang sudah dilembutkan kemudian diletakkan di atas kulit yang mengalami luka. Biarkan sampai kering. Lakukan hal ini beberapa kali.

Mengobati demamMemang sudah lama diketahui bahwa daun jambu memiliki khasiat untuk mengobati demam atau tubuh panas. Cara yang bisa lakukan sangat mudah. Ambil beberapa daun jambu air, kemudian lumat daun jambu air dengan cara meremas-remasnya. Kemudian, masukkan remasan daun jambu air tadi ke dalam wadah berisi air hangat. Ambil daun jambu air yang ada di dalam wadah. Letakkan di atas dahi penderita demam, ini lebih dikenal dengan mengompres. Lakukan hingga suhu tubuh penderita demam menurun.

Mengatasi diabetesDiabetes bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Salah satunya adalah akan berakibat pada penyakit komplikasi kemudian menjadi impotensi pada pria. Daun jambu air memiliki ekstrak yang mampu mengurangi gula darah dan resisten insulin. 
Daun jambu air juga dapat dimanfaatkan sebagai obat mata serta melancarkan pencernaan.

Manfaat biji :Biji buah jambu air apabila dikeringkan dan dihancurkan, maka dapat dijadikan sebagai obat diare, asma, serta menurunkan demam. Sedangkan biji buah segarnya dapat membantu menyembuhkan penyakit disentri, katarak, serta diabetes. Uniknya, biji buah jambu air ini mengandung zat yang biasa dipakai sebagai anestesi

Manfaat bunga :Bunga jambu air memiliki keharuman yang manis. Biasa digunakan untuk membantu menurunkan demam. Apabila dicampur dengan daunnya dan dihancurkan serta dijadikan masker, bunga jambu air dapat membantu meredakan cacar air.

Manfaat batang kayu :Batang kayu jambu air aromanya sama seperti buahnya. Digunakan untuk mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, mulai dari asma, bronkitis hingga problem infeksi tenggorokan.

Manfaat akar :Akar jambu air dapat dimanfaatkan sebagai obat yang menyembuhkan penyakit epilepsi

sumber : http://tipsku.info/manfaat-jambu-air/, http://www.bersatulah.com/2015/06/manfaat-luar-biasa-daun-jambu-air.html, http://www.vemale.com/kesehatan/24498-jambu-air-bermanfaat-dari-buah-hingga-ke-batang.html

2 komentar: