Sabtu, 25 Februari 2012

JAMBU BOL

Buah ini banyak terdapat di Asia, terutama Malaysia dan Indonesia. Karena itu jambu bol sering disebut Malay Apple. Jambu ini berwarna merah tua, merah muda dan putih.
Penjelajah Portugis menyebarkan buah ini ke segala penjuru, termasuk Hawaii. Sebelum kedatangan para misionaris di Hawaii hanya dikenal 3 jenis buah, yaitu pisang, kelapa, dan jambu bol.
Di Puerto Rico, wine (anggur) merah maupun putih dibuat dari jambu bol.

Karena rasa dan aromanya, jambu bol pada umumnya lebih disukai orang. Bahkan, pada zaman Hindia Belanda dahulu, jambu bol pernah diusahakan besar-besaran. Namun kini, dia hanya digunakan sebagai tanaman pekarangan saja. Sastrapradja et al (1980) beralasan bahwa "... karena tidak adanya peremajaan sehingga banyak pohon tua yang mati dan tidak produktif." Di antara ketiga jenis spesies berikut ini -jambu batu (Psidium guajava), jambu air (Syzygium aquaeum), jambu semarang (Syzygium samarangense),- jambu bol termahal di antara ketiganya.

Manfaat Buah : 
Air seduhan kulit kayu pohon jambu bol dapat meredakan sariawan, sedangkan bubuk dari daun keringnya bisa mengatasi luka di lidah. Akarnya digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, peluruh haid dan bersifat abortif (penggugur).

Di Kamboja air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya digunakan sebagai pelembab kulit.

Di Brasil, seluruh bagian pohon jambu digunakan untuk mengobati sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Biji, kulit kayu, dan daunnya menunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Jus daun jambu di Samoa digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, daan gangguan lain pada pencernaan.

Kandungan gizi: Serat, kalsium, fosfor, vitamin A, tiamin, riboflavin, asam askorbat, niacin.

Manfaat Daun :
Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, penggunaan jus daun muda jambu bol tentu bisa menjaga kesegaran kulit. Moms tentu sudah tahu berbagai manfaat vitamin C untuk kulit bukan?
Selain bisa menjaga kesegaran, vitamin C juga bisa membuat keriput tak mudah datang. Selain itu, bisa juga membantu mencerahkan kulit sehingga Moms bisa nampak segar dan bercahaya.
Ternyata, selain bisa bermanfaat sebagai pelembab wajah, daun muda jambu bol juga memiliki manfaat lain yaitu mengobati infeksi mulut. Kalau mengonsumsi buahnya, Moms juga bisa mengobati diabetes, batuk, demam, sakit kepala dan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh seluruh keluarga.

Manfaat Kulit dan Batang :
Kulit batangnya digunakan sebagai obat sariawan. Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.








sumber : http://kupukupudanpelangi.blogspot.com/2009/08/jambu-bol-juga-punya-khasiat-loh.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Syzygium_malaccense, http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/68619-manfaat-daun-muda-jambu-bol-untuk-menjaga-kelembaban-kulit.html

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya
    Mohon bantu saya dapatkan mengenai manfaat biji buah jambu bol, jika boleh bantu segera ya, terima kasih

    BalasHapus