Sabtu, 25 Februari 2012

Jambu bol

Buah ini banyak terdapat di Asia, terutama Malaysia dan Indonesia. Karena itu jambu bol sering disebut Malay Apple. Jambu ini berwarna merah tua, merah muda dan putih.
Penjelajah Portugis menyebarkan buah ini ke segala penjuru, termasuk Hawaii. Sebelum kedatangan para misionaris di Hawaii hanya dikenal 3 jenis buah, yaitu pisang, kelapa, dan jambu bol.
Di Puerto Rico, wine (anggur) merah maupun putih dibuat dari jambu bol.






Manfaat Buah : 
Air seduhan kulit kayu pohon jambu bol dapat meredakan sariawan, sedangkan bubuk dari daun keringnya bisa mengatasi luka di lidah. Akarnya digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, peluruh haid dan bersifat abortif (penggugur).

Di Kamboja air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya digunakan sebagai pelembab kulit.

Di Brasil, seluruh bagian pohon jambu digunakan untuk mengobati sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Biji, kulit kayu, dan daunnya menunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Jus daun jambu di Samoa digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, daan gangguan lain pada pencernaan.

Kandungan gizi: Serat, kalsium, fosfor, vitamin A, tiamin, riboflavin, asam askorbat, niacin.

Manfaat Kulit dan Batang :
Kulit batangnya digunakan sebagai obat sariawan. Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.








sumber : http://kupukupudanpelangi.blogspot.com/2009/08/jambu-bol-juga-punya-khasiat-loh.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Syzygium_malaccense

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar