Sabtu, 25 Februari 2012

MANGGIS

Buah manggis dipercayai amat berkhasiat terutama di bahagian kulit dalam manggis dan biji buah manggis. Secara tradisional kulit manggis yang telah digiling digunakan untuk merawat penyakit seperti malaria, TBC, penyakit kulit, diare dan dsentry. Di Thailand, buah manggis dijemur dan dikeringkan untuk membuat bahan kosmetik seperti shampo, sabun untuk menghaluskan kulit dan mencegah penyakit kulit.

Di Malaysia, seduhan daun manggis dicampur dengan pisang muda dan sedikit kapur barus digunakan sebagai pengobat luka sunat. Manfaat bubuk kulit manggis yang dikeringkan di China dan India digunakan untuk mengobati disentri. Bahkan kulit manggis juga diolah menjadi salep untuk mengobati eksim dan penyakit kulit lainnya.


Manfaat Akar :

Manfaat akar pohon manggis digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Di Filipina, ekstrak kulit batang pohon manggis digunakan untuk mengatasi sariawan, diare, disentri dan nyeri perut.

Buah Manggis mengandungo Xantona yaitu bahan aktif dalam buah Manggis yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti alergi, pilek, lelah, berbagai penyakit kulit seperti eksim, gatal-gatal, psoriasis, seborrhea, kurap, luka-luka yang biasa pada mulut, melepuh, selepas pembedahan, penyakit darah tinggi, kencing manis, kelebihan, kolesterol, keletihan, kekurangan darah, ulser, gastrik, saluran usus yang bengkak dan Insya Allah berbagai penyakit lainnya.

Berikut khasiat dari buah manggis, yang diteliti oleh pakar nutrisi dari Amerika :
  • Melindungi dan menyokong jantung yang sehat
    Menjaga kesehatan kardiovaskular dan membantu membentuk sel darah merah yang sehat dan sistem saraf yang sehat. Menjaga tahap asid amino homosisteina yang sehat. Melindungi sel dan membantu kandungan kolesterol pada tahap yang sehat. Mensuplai vitamin B pada tahap yang sehat kepada jantung. Merupakan bagian dari diet yang seimbang dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang rendah, dan mengandungi asid folik, vitamin B6 dan Vitamin B12 yang dapat mengurangkan risiko penyakit vaskular.
  • Menjadikan mata, kulit dan rambut lebih sehat
    Membantu menjadi kulit, mata , gigi, gusi dan rambut lebih sehat. Membantu meningkatkan kesehatan penglihatan, penglihatan pada malam, dan kesehatan mata.
  • Meningkatkan stamina/tenaga
    Memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat. Membantu dalam menjaga stamina dan tenaga.
  • Membantu sistem ketahanan tubuh
    Membantu sistem ketahanan tubuh (pengimunan) dengan meningkatkan fungsi sistem pengimunan.
  • Penghapus Radikal Bebas yang kuat
    Satu antioksidan yang unggul dengan nilai ORAC yang paling tinggi. Antioksidan membantu badan menentang radikal bebas yang bahaya dan juga menggalakkan panjang umur sel.* Bukti ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan vitaman antioksidan boleh mengurangkan risiko penyakit kanker.
  • Sistem Pencernaan yang sehat
    Membantu sistem saluran usus yang normal dan sehat.
Manfaat kulit :
Kulit buah manggis bisa dimanfaatkan untuk pewarna alami dan bahan obat-obatan. Dalam kulit manggis mengandung senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Dibeberapa Negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Jerman, kulit buah manggis sudah dimanfaatkan sebagai suplemen diet, anti oksidan dan anti kanker. Menurut penelitian di Indonesia, kulit buah manggis bisa digunakan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu juga bisa sebagai penghancur sel kanker. Senyawa yang ada dikulit buah manggis juga mampu merawat beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, pencernaan, dan paru-paru, bahkan mampu mangatasi asma, leukemia, mengatasi jantung koroner lebih efektif dan meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi pengidap HIV/AIDS.

Cara Mengolah Kulit Manggis Agar Berkhasiat :
Pertama, pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahkan bisa dengan mengikutsertakan biji manggis (kaya lemak) atau hanya sekadar kulit manggis yang mengandung Xanthone. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit yang sudah dibersihkan, dan pisahkan dari kulit keras di bagian luarnya.

Setelah itu, dinginkan di dalam lemari pendingin jika hendak disimpan hingga jumlahnya mencukupi. Lalu, campur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

Untuk membuat rasa yang enak, bisa dicampur dengan madu dan beri pewarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor.
Hasil pencampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel. Nah, sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air. Silahkan mencoba.

sumber : http://bakulatz.wordpress.com/2011/11/30/manfaat-buah-manggis/,http://www.deteak.com/manfaat-kulit-buah-manggis/, http://www.herbal.web.id/2012/02/kulit-manggis-bikin-awet-muda-dan-cara.html

1 komentar:

  1. Waaah saya baru tau ternyata buah manggis, biji, kulit ternyata ada manfaatnya.. makasih banyak atas tipsnya :)

    BalasHapus