Jumat, 02 Maret 2012

Semangka

Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia. Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka. Kitalah yang berhak menikmati lezatnya dan betapa bergizinya buah yang satu potongnya sama fungsinya dengan segelas air tersebut. Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.

Terkadang buah semangka ini oleh kaum wanita dijadikan sebagai pembersih wajah, disebutkan dalam kitab ath-Thib An-Nabawi (thibbun nabawi) karya Ibnu Qayyim buah ini merupakan salah satu buah yang dijadikan obat dan Rasulullah sholollohu a’laihi wasallam biasa mengkonsumsinya.

Dari Nabi sholollohu a’laihi wasallambahwa beliau biasa makan semangka dengan ruthob (kurma masak), beliau berkata, “Kita menetralkan panas ini dengan dinginnya ini, dinginnya ini dengan panasnya ini.

Sifatnya yang dingin dan basah bisa membersihkan lambung, Lebih mudah dicerna dilambung dari pada timun dan sejenisnya. Bahkan juga mudah larut dalam unsur makanan lain bila bertemu dilambung. Dimakan dalam keadaan panas (dimasak), amat bermanfaat sekali. Kalau makan dalam keadaan dingin, ada efek samping ringan yang bisa dinetralisir dengan sedikit jahe atau sejenisnya. Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan, yakni segera diiringi dengan makan, kalau tidak, akan menyebabkan mual dan muntah. Sebagian kalangan medis menyatakan,”bila dikonsumsi sebelum makan dapat mencuci perut dan menghilangkan penyakit dalam lambung.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare dan mudah marah. Buah atau jusnya  meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Kandungan Buah Semangka dalam 100gram :
-  Protein 0,9 gram.
-  Karbohidrat 11,6 gram.
-  Vitamin A 876 IU.
-  Vitamin C 12,5 miligram.
-  Kalsium (Ca) 10,8 miligram.
-  Magnesium (Mg) 15,4 miligram.
-  Fosfor (P) 16,9 miligram.

Fungsi buah :
  1. Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
  2. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
  3. Semangka juga mempergiat kerja jantung
  4. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
  5. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
  6. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam
  7. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh
  8. Mengeluarkan cacing usus | Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan) dengan 1 liter air (45 menit). Setelah dingin, disaring, dan diminum sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.
  9. Tekanan darah tinggi | Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka; atau buah semangka ukuran sedang diambil seperempat bagiannya. Buat jus kulit, biji dan daging buahnya, lalu minum sekaligus.
  10. Demam, mulut kering dan haus, rasa pahit di mulut, napas berbau, air kemih berwarna kuning tua, nyeri sewaktu kencing, hangover | Makan daging buah semangka segar sebanvak 500-1.000 g. Lakukan 2–3 kali sehari.
  11. Heat stroke, rasa lemah, sakit kepala akibat panas matahari dan mual | Jus buah semangka secukupnya. Minum 1–2 cangkir, diulang 2–3 kali sehari sampai terasa enak.
Fungsi kulit :
 
Lalu bagaimana dengan kandungan dari kulit semangka? Beberapa ilmuan dari Amerika Serikat (USA) yaitu Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie pada tahun 2005 telah menelaah kandungan kulit semangka. Dari hasil penelitiannya membuktikan bahwa kulit semangka kaya akan sitrulin. Sitrulin adalah asam amino. Namanya berasal dari Citrullus, bahasa Latin untuk semangka, dari yang pertama kali diisolasi pada tahun 1930. Sehingga jelas bahwa sitrulin juga ada dalam buah semangka. Akan tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan sitrulit pada kulit semangka lebih banyak dari pada dalam buahnya. Berikut adalah hasil penelitian Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie :
Kandungan sitrulin berkisar 3,9-28,5 mg / g berat kering (dwt) dan adalah serupa di antara jenis berbiji dan jenis tanpa biji (16,6 dan 20,3 mg / dwt g, masing-masing).
Daging semangka Merah citrulline sedikit lebih rendah dari daging semangka kuning atau oranye (7,4, 28,5 dan 14,2 mg / dwt g, masing-masing).
Kulit buah mengandung citrulline lebih dari daging atas dasar berat kering (24,7 dan 16,7 mg / dwt g, masing-masing), tetapi sedikit kurang pada berat segar (fwt)
dasar (1,3 dan 1,9 mg / fwt g, masing-masing)."


MANFAAT SITRULIN
Sitrulin memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia :
  • Citrulline membantu mengeluarkan amonia dari hati sehingga dapat bersifat detoksifikasi
  • Citrulline merupakan prekusor arginin yang dapat mensekresi asam nitrit (NO) untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah, sehingga sitrullin dapat berperan untuk mengatasi hipertensi.
  • Menurut Medical News Today, efek vasodilatasi dari citrulline dapat mendukung fungsi seksual yang sehat (mirip viagra)
1. Penghalus kulit dan penghilang flek hitam di wajah :
Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk. Masukkan 2 sendok serbuk semangka tadi ke dalam jus yang dibuat dari sebatang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

2. Kencing Manis :
Potong-potong kulit buah semangka (30 gr) da jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin. Lakukan tiap hari 2-3 kali.

3. Tekanan Darah Tinggi :
Kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 gr, diseduh dengan air mendidih, kemudian diminum.

4. Gatal-gatal karena tanaman beracun :
Gosokkan bagian tubuh yang gatal dan kemerahan dengan buah dan kulit semangka.

5. Jerawat, Kudis, Biang Keringat :
Gunakan air rebusan kulit buah untuk mencuci muka yang berjerawat, kulit yang berkudis, atau biang keringat.

6. Mencegah kerontokan rambut :
Ambil sepotong kulit buah semangka yang hanya tersisa dagingnya yang keras dan berwarna putih. Gosok-gosokkan pada kulit kepala secara merata. Lakukan pada sore hari, lalu biarkan semalaman supaya meresap. Keesokan paginya, cuci rambut sampai bersih. Lakukan sekali dalam seminggu.

Tips tambahan menu Buah semangka untuk Bayi anda:
Bahan:
- 150gr wortel, potong kecil
- 200gr semangka, potong kecil
- 150 ml jus jeruk
- 2 sdm gula batu di masak dalam 50 ml air sampai kental

Cara Membuat:
Campur semua bahan semangka, jus jeruk dan wortel jadi satu, blender hingga halus, sajikan segera.


Fungsi Biji :
Biji semangka kaya akan kandungan zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori yang penting untuk nutrisi sehari-hari. Agar mendapatkan kandungan gizinya, kunyah dahulu sebelum ditelan.

1. Insfeksi kandung kemih :
Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air sampai mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampai dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2. Busung lapar :
Jemur biji semangka secukupnya sampai kering, lalu giling sampai menjadi serbuk. Ambil satu sendok makan, lalu seduh dengan tiga perempat cangkir air panas. Setelah hangat, tambahkan satu sendok makan madu. Aduk merata, minum sekaligus. Lakukan dua kali sehari.

3. Kencing Manis :
Rebus biji semangka (1 genggam) dengan satu liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh dan lakukan setiap hari.

sumber : http://abufarannisa.wordpress.com/2011/09/06/pengobatan-buah-semangka/, http://smua-ada.blogspot.com/2012/02/7-manfaat-buah-semangka.html, http://www.ogahrugi.com/article/view_article/462/biji-semangka-sumber-antioksidan, http://riestyadp.blogspot.com/2010/08/manfaat-kulit-buah-semangka-citrullus_16.html, http://radensomad.com/morfologi-dan-manfaat-semangka-citrullus-vulgaris-schrad.html

1 komentar:

  1. Makasih Infonya. ternyata Semua Yang Ada Pada Buah Semangka Bermanfaat Semau

    Mampir ya KE pondokibu.com

    BalasHapus