Kamis, 08 Maret 2012

Anggur


Buah anggur berasal dari kawasan selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia Kecil. Kemudian dibudidayakan orang ke daerah tropik dan selanjutnya menyebar pula ke daerah subtropik. Di daerah ini, anggur malah memperoleh lingkungan yang lebih mendukung sehingga produksi dunia sekarang berasal dai negara-negara subtropik, seperti Spanyol, Australia Selatan, Belanda, Inggris, Amerika, dan sebagainya.
Jenis anggur cukup banyak dan setiap jenis mempunyai kegunaan yang khas, karena itu usaha tani anggur juga memiliki tujuan yang berbeda, di antaranya anggur untuk buah meja, minuman (wine), kismis dan sari buah anggur. Anggur yang digunakan untuk buah meja yaitu buah yang memiliki ukuran besar, rasanya manis dan segar, dan tidak mudah lepas dari dompolannya. Jenis anggur yang penting adalah Vitis dan Muscadin. Muscadin memiliki kulit batang yang melekat, dompolan buahnya kecil dan bila buah masak ia mudah rontok. Vitis memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai alat pemanjat yang kuat, kulit kayunya mengelupas, dompolan buahnya besar dan buah menempel kuat serta tidak mudah rontok bila masak.
Ciri-ciri buah anggur (Vitis vinifera) yang bermutu baik yaitu:
Dompolan buah tumbuh sempurna, cukup kuat dengan tangkai, usuran buah dalam dompolam seragam.
Butiran buah gemuk (besar), kulit agak keras, berwarna merah atau hijau bergantung varietasnya, ada yang bulat, bulat telur, jorong, jorong kesamping atau memanjang.
Rasa buahnya manis dan segar. Buah anggur merupakan buah yang perishable sehingga umur simpannya relatif singkat.
Umur simpan buah anggur yaitu selama 4-8 minggu dengan suhu penyimpanan dari -1 sampai 4. Pengemasan buah dilakukan dengan membungkus buah menggunakan kantong-kantong plastik dan dilubangi untuk memberikan ventilasi, yaitu sebesar 1/4 – 1/8 inci untuk memugkinkan cukup . dan menghindari kerusakan oleh akumulasi .


Di balik bentuknya yang menarik itu, ternyata banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah cantik ini. Anggur merupakan sumber energi instan dan bisa membuat Anda terlihat lebih muda.


Buah ini bukan hanya merupakan sumber yang kaya vitamin A, C, B6 dan folat tetapi juga memiliki mineral penting seperti potasium, kalsium, besi, magnesium fosfor, dan selenium.


Jika Anda berpikir menggigit salah satu dari sedikit buah menggoda ini bisa membuat penampilan terlihat lebih muda maka Anda mungkin benar. Sebab, buah ini mengandung flavonoid - antioksidan kuat yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, yang mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas.


Berkat nilai gizi tinggi, buah ini dapat digunakan mengobati sembelit, gangguan pencernaan, kelelahan, gangguan ginjal, degenerasi otot dan dapat mencegah katarak. Anggur adalah sumber energi yang baik dan sebagai pembangun tubuh, dan sumber energi yang cepat.


Manfaat buah :
1. Anggur kering atau kismis yang bergizi dan membantu mengatasi masalah termasuk sembelit, asidosis, anemia, demam, kelemahan seksual dan membantu meningkatkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan mata.


2. Memerangi penyakit
Asma : 
Anggur memiliki kekuatan assimilatory tinggi dan dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Tak hanya itu, aktivitas antibakteri anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat melindungi Anda dari infeksi.


Penyakit Alzheimer : 
penelitian menunjukkan, anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah timbulnya penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. 


Kanker payudara : 
Studi pada tikus laboratorium telah menunjukkan bahwa jus  berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara secara signifikan mengurangi massa tumor.


Sembelit : 
Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa dan dianggap makanan pencahar. Mereka meringankan sembelit kronis dengan mengencangkan sampai usus dan perut.


Kelelahan : 
Jus anggur menyediakan energi instan. Jus buah anggur putih kaya zat besi dan mencegah kelelahan.


Pencernaan : 
Anggur lebih disukai ketika seseorang menderita gangguan pencernaan, karena mereka merupakan makanan ringan. Buah ini menurunkan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.


Migrain : 
Masak jus anggur, tanpa pencampuran air tambahan membantu dalam menyembuhkan migrain.


Gangguan Ginjal : 
Anggur dapat membantu dalam penghapusan asam dari sistem, sehingga mengurangi tekanan kerja ginjal.


Tuhan Menciptakan apa yang ada di bumi ini pasti ada manfaatnya..
Tingkat oksida nitrat dalam darah meningkat ketika Anda makan buah anggur, dan mampu mencegah pembekuan dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Antioksidan di dalam buah anggur menghentikan oksidasi kolesterol LDL, yang menghambat pembuluh darah.


Manfaat biji :
Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak. 
Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat. 
Agarwal menambahkan, sel kanker cepat sekali menyebar, hal tersebut menyebabkan khasiat ekstrak biji anggur tetap tergantung dari kemampuan sel sehat untuk bertahan dari kerusakan. 
Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.


Sementara itu Dosen ilmu gizi Fakutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Febri Endra Budi Setyawan M.Kes menjelaskan, biji anggur memiliki khasiat sama besar dengan daging dan kulitnya. 
Dalam biji anggur terdapat mineral mikro yaitu seng dan mangan. Dua mineral ini banyak terdapat pada anggur merah. Febri menambahkan, seng dan mangan sangat penting untuk menjaga libido seks dan kesuburan pria juga dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.
Manfaat lain dari biji anggur adalah kemampuannya untuk mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang sering kali menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.


Manfaat Kulit :
Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.
Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.


Manfaat daun :
Daun anggur yang berwarna merah berkhasiat astrigen (zat yang mempunyai kemampuan mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) dan anti radang.


Selain itu daun anggur juga bisa membantu pengobatan:
- Varises
- Wasir (hemoroid)
- Rapuhnya pembuluh darah halus (capillary fragility)
- Tekanan darah tinggi
- Kadar kolesterol tinggi
- Gangguan berkemih, dan
- Sindrom menopause


Daun anggur yang diseduh air panas dapat digunakan untuk obat diare, juga bisa digunakan untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorok. Abu dari ranting anggur yang dibakar bisa membersihkan gigi yang hitam. Rantingnya juga berkhasiat peluruh kencing (diuretic) sama seperti daunnya.


Bukan hanya itu, daun anggur juga berkhasiat sebagai peluruh air seni, obat syphilis, kudis, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Untuk peluruh air seni dipakai 15 gram daun segar anggur, dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyaknya pagi dan sore.




http://yusufsila-tumbuhan.blogspot.com/2011/08/asal-mula-tanaman-anggur-vitis-vinivera.html, http://keripiku.blogspot.com/2011/01/manfaat-anggur-yang-ajaib.html, http://metrotvnews.com/read/news/2012/02/02/80673/Khasiat-Tersembunyi-Biji-Anggur, http://www.malang-post.com/index.php?option=com_content&view=article&id=35264:makan-biji-anggur--memperlambat-penuaan&catid=62:perempuan-nita&Itemid=89, http://ataaochad.wordpress.com/2011/03/02/manfaat-biji-dan-kulit-anggur/, http://obatherbal.biz/manfaat-buah-daun-biji-batang-buah-anggur, http://tanamanobat.org/146/anggur/

10 komentar: