Sabtu, 25 Februari 2012

Alpukat

Alpukat (Persea Americana) adalah buah yang mudah ditemui disekitar kita. Manfaat alpukat sangat banyak bagi manusia karena buah ini memiliki berbagai zat yang kaya akan manfaat.





Mungkin sebagian dari kita baru mengetahui manfaat buah ini sebagai jus atau sebagai campuran es atau minuman lain. Bahkan tidak sedikit orang yang takut mengonsumsi alpukat karena buah ini dianggap mengandung lemak yang tinggi.

Sebenarnya, manfaat alpukat dapat kita temui hampir di setiap bagian tumbuhan. Biji dan daun alpukat bermanfaat untuk industry pakaian, kulit pohon alpukat bermanfaat sebagai pewarna produk dari kulit, sedangkan kayunya dapat Anda gunakan untuk bahan bakar.
Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat alpukat ada pada hampir di setiap bagian tumbuhan Alpukat. Lalu bagaimana dengan buah alpukat? Apa saja kah manfaat buah alpukat tersebut?








Manfaat buah :
1. Buah alpukat untuk mengencangkan kulit | Di bidang kecantikan, buah alpukat dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah. Kandungan Vitamin E dan Vitamin A yang ada pada buah alpukat sangat bagus untuk menghaluskan kulit, menghilangkan kerutan pada wajah, serta membuat kulit kenyal dan terlihat muda dan segar.
2. Buah alpukat untuk merawat rambut | Selain sebagai masker, Anda juga dapat memanfaatkan alpukat untuk creambath karena manfaat alpukat juga dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan tidak mudah kering.
3. Buah alpukat untuk membuat produk kosmetik dan sabun | Kandungan lemak yang tinggi pada buah alpulat membuat buah ini sangat baik untuk digunakan sebagai bahan membuat sabun dan berbagai produk kosmetik.
4. Buah alpukat untuk menurunkan tekanan darah tinggi | Kandungan Potasium/Kalium dan lemak nabati tak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah depresi hingga menghindarkan kita dari serangan penyakit stroke.

Manfaat Daun :
MANFAAT DAUN ALPUKAT (persea Americana mill)
Manfaat alpukat dan daunnya, sudah banyak diketahui orang. Malahan sudah diterbitkan jadi buku obat. Tetapi, penulis mempunyai pengalaman sendiri menyangkut bidang per-daunan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Alpukat termasuk suku Lauraceae,bersifat melancarkan air seni dan antibakteri. Pertama tama bagi saudara yang terkena sakit pinggang, ambil 7 helai daun alpukat direbus dengan 3 gelas air,hingga airnya tinggal 2 gelas. Daun rebusan diangkat dari kompor dan didinginkan. Kalau jaman leluhur, panic gerabah di embun-embunkan di halaman rumah. Supaya tidak kotor kemasukan polusi pencemaran udara, panic di tutup dengan selembar kain putih dan bersih. Juga bisa di embunkan di atas genting,supaya sedikit aman dari gangguan anak kecil atau ayam. Rebusan daun alpukat bisa diminum besok pagi,satu gelas dan sore sebelum tidur malam satu gelas. Dan ini bisa dilakukan selama dua minggu berturut-turut. 

Bila masih sakit, istirahat dahulu satu minggu setelah itu bisa dilanjutkan lagi seperti penyembuhan pertama. Yang perlu diperhatikan, pendinginan atau peng-embunan tidak bisa dilakukan dengan memasukan ramuan kedalam kulkas. Biarkan proses jamu secara alamiah.

Bagi yang terkena hipertensi, proses pembuatan sama, ada sedikit perbedaan di saat ramuan masih hangat diseduh perlahan-lahan. Juga bisa di minum sekaligus bila sudah dingin. Bagi yang gemar merawat kulit,biar kinclong halus, buah alpukat diblender bersama kulit,balurkan pada bagian tubuh yang dikehendaki,yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan selama 1 jam. Bila kulit kering, ramuan yang dioleskan di wajah dan sekujur tubuh itu kering,cuci dengan air hangat, selanjutnya di basuh dengan air es. Untuk sariawan, blender alpukat dicampur dengan 2 sendok madu murni. Makan 4 kali sehari. 

Manfaat Biji :
Maag
Bagi anda atau anggota keluarga anda yang menderita penyakit maag dan sudah berobat kemana-mana tetapi belum juga sembuh cobalah resep berikut. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang, parut biji alpukat, Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi, lalu Saring. kemudian minum sari biji alpukat tadi pagi dan sore sampai sembuh.

Diabetes Mellitus :
Cara membuat:
  1. Biji alpukat diiris tipis-tipist
  2. Irisan biji alpukat dijemur sampai kering
  3. Irisan biji alpukat uyang sudah kering disangrai (orang Jawa bilang digoreng sangan) seperti membuat kopi.
  4. Irisan biji alpukat yang sudah disangrai diblender sampai lembut.
  5. Masukkan bubuk biji alpukat hasil memblender ke kulit kapsul yang dapat dibeli di apotek.
  6. Minum kapsul biji alpukat satu kali sehari.

sumber : http://www.kesehatan123.com/2222/manfaat-alpukat/, http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2011/09/20/bagi-info-manfaat-daun-alpukat/, http://icha-gheajualpulsa.blogspot.com/2010/08/khasiat-biji-alpukat.html

8 komentar: