Rabu, 07 Maret 2012

BELIMBING


Belimbing berasal dari India atau Sailan (Srilanka). Selain di Indonesia, budi daya belimbing juga dilakukan di negara – negara kawasan Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Bahkan Amerika dan Australia yang beriklim sub tropis pun sudah dirambah belimbing.

Bentuk buahnya yang unik dengan rasa manis dan bisa diolah menjadi beragam sajian, belimbing dapat dibedakan menjadi 2 macam. Yang rasanya manis dengan bentuk bintang dikenal sebagai belimbing manis (Averrhoa Carambola) sedangkan jenis kedua adalah belimbing sayur atau belimbing uluh (Averrhoa bilim) yang rasanya asam.

Kandungan Gizi

Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung :
 Energi : 35 kal
 Protein : 50 gram
 Lemak : 70 gram
 Karbohidrat : 7,70 gram
 Kalsium : 8 mg
 Serat : 0,90 gram
 Vitamin A : 18 RE
 Vitamin C : 33 Mg
 Niacin : 0,40 gram

Tak hanya enak dijadikan jus maupun dimakan langsung. Ternyata kandungan vitamin C yang terkandung dalam belimbing manis memiliki sembilan khasiat bagi kesehatan. Vitamin C dalam belimbing manis berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa menangkal radikal bebas yang merupakan sumber munculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Belimbing manis juga memiliki kandungan pektin yang mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus dan membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah sangat memungkinkan belimbing manis dijadikan sebagai obat hipertensi.

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, bunga, daun, dan akar belimbing manis diyakini juga memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, juga rematik.


Manfaat buah : 

Pembesaran limpa karena malaria
Haluskan atau parut lima belimbing manis. Rebus sampai mendidih. Tambahkan madu secukupnya lalu diminum.

Batuk disebabkan panas
Potong-potong satu buah belimbing sehar, kunyah perlahan-lahan. Lakukan 3-4 kali sehari atau dikunyah selagi batuk.

Influenza, sakit tenggorokan, sariawan
Haluskan atau parut 90-120 gram buah belimbing segar, lalu minum air perasannya sambil ditahan sebentar di dalam mulut dan telan perlahan-lahan. Lakukan dua kali sehari.

Kolesterol tinggi
Makan dua buah belimbing manis yang sudah masak setelah makan pagi dan sore hari.

Kencing kurang lancar
Rebus 30 gram daun belimbing segar dan minum airnya sebagai pengganti teh.

Manfaat daun :
Daun Belimbing berkhasiat untuk mengobati maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.
Selain itu Daun belimbing sayur dapat dipakai sebagai obat usus buntu. Ambil daun belimbing, cuci bersih dengan air hangat lalu tumbuk hingga halus. Beri sedikit air, kemudian peras sehingga mendapatkan ramuan yang kental. Seduhlah ramuan ini dengan menggunakan setengah cangkir air panas. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hingga Anda sembuh.

Manfaat bunga :
Sedangkan Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria.

Manfaat akar : 
Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian.  



Meski banyak memberi manfaat, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan buah ini karena ia mengandung banyak asam oxalic yang berbahaya bagi mereka.



http://www.zonaberita.com/2011/06/01/sembilan-khasiat-belimbing-manis, http://www.kaskus.us/showthread.php?p=478356427

2 komentar: